Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Anak Daro di Kecamatan Dumai Timur

Dasya Fitriana Putri, Shorea Khaswarina, Fanny Septya

Abstract


The diversity of branded local rice supply in the market will have an impact on competitionOne of the ways that Anak Daro rice producers do to face the competition is to improve product quality, which will create an attraction for consumers to make purchasing decisions.It is important to study the effect of price, product quality, and brand image on purchasing decisions as a consideration for the rice agro-industry to improve the attributes attached to packaged rice. The purpose of this study was to determine the effect of price, product quality, and brand image simultaneously and partially on the purchasing decision of Anak Daro rice in Dumai Timur District. This research data collection technique used a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The statistical analysis method was multiple linear regression, and it has been analyzed by using SPSS software. In this study, 73 respondents were selected using the proportional random sampling method. The results of this study indicate that the variables of price (X1), product quality (X2), and brand image (X3) have a positive and significant effect on purchasing decisions for Anak Daro rice in East Dumai District.

Keywords


Rice, Price, Product Quality, Brand Image, purchase decision

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nur A., Seno Sumowo, B. W. (2018). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), 1689-1699.

Alfath, N. B. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Pada UD Surya Alam di Pasar Segiri Samarinda. E-Journal Administrasi Bisnis. 2(3): 755-769.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1): 660–669.

Anggraeni, Dita P., Srikandi K., dan Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis. 37(1): 171-177.

Anggraeni, Rahma A., dan Eulis Soliha. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian AS32 Ayam Geprek. Jurnal Al Tijarah. 6(3): 96-107.

Arohman. 2018. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi di Kalangan Mahasiswa STIE Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen 01. 9(1):18-30.

Badan Pusat Stastik (BPS). 2021. Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau Triwulan IV-2020. Berita Resmi Stastistik. 11: 1–7.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hardison dan Angga Pramana. Analisis Perubahan Kebijakan Ketahanan Pangan Beras di Provinsi Riau. Jurnal Administrasi Politik dan Sosial. 1 (2): 76-83.

Hidayat, D. I. D. L. R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan Desy.Journal Dictionary of Statistics And Methodology. 5(1): 15-24.

Irawan, D. dan Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran por kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1(2): 1-8.

Khumairo,Lukiana, N., dan Kasim, K.T. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api Di Lumajang. Jurnal Progress Conference. 1(1): 262-270.

Oktiadi, C.2014. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Beras Anak Daro (Studi Kasus Pada Perumahan Pandau Permai Kabupaten Kampar). Jurnal Online Mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Riau. 1(2): 1-11.

Pradana, dedhy., Syarifah H., dan Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Kinerja. 14(1): 16-23.

Sofina. 2022. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet 4G Unlimited Indosat Ooredoo (Studi Pada Konsumen Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 10(1):1530-1536.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung.

Supomo, R & Nurhayati, Eti. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyo, h., S. Tiwi, a., dan Dea, a. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (PERSERO) Bantar Gebang, Bekasi. UG Jurnal. 7(2): 05-07.

Widiasworo, Erwin. 2019. Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Araska. Yogyakarta.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian: Populer dan Praktis. Rajawali Pers. Jakarta.

Wirawan I, P, G, A, A. dan Seminari, N, K. 2021. Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi. E-Jurnal Manajemen. 10(5): 416-435.

Yusri, Jumatri., Fanny S., dan Yulia A. 2021. Studi Pola Distribusi dan Margin Pemasaran pada Beras Kemasan Best Seller di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia. Agricultural Journal. 4 (3): 438-446.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/mea.v7i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal MeA (Media Agribisnis) Published by Agribusiness Program Study, Faculty of Agriculture, Batanghari University
Adress: Fakultas Pertanian, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: meafpubr@gmail.com, Phone: 0741-60103


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.