Identifikasi Faktor yang Berkontribusi dalam Strategi Pemasaran Kopi di Kelompok Harapan Maju di Kintamani, Bangli

I Gusti Ayu Widari Upadani

Abstract


Kopi merupakan sumber pendapatan bagi petani, penghasil bahan baku industri, dan penciptaan lapangan kerja serta pembangunan daerah bagi negara Indonesia termasuk Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran untuk pengembangan usaha kopi di Kelompok Harapan Maju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan angket dan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang ditemukan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif dengan skala Likert. Tiga puluh sampel dari Kelompok Harapan Maju digunakan sebagai responden yang memberikan pendapat mereka untuk kuesioner tentang faktor internal dan eksternal.  Penelitian menemukan bahwa faktor peluang internal memberikan persentase indeks rata-rata total tertinggi 82% dan terendah diberikan oleh faktor kelemahan 75%. Untuk total indeks persentase rata-rata, faktor internal dan eksternal adalah 78% yang berarti Kelompok Harapan Maju perlu memilih strategi pemasaran yang tepat di masa depan

 


Keywords


kopi, identifikasi, pemasaran, bisnis, digital

Full Text:

PDF

References


Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Bisnis dan Pariwisata, 1(1),

https://doi.org/10.37535/104001120213

Arwangga, A.F., I.A.R.A. Asih, & I.W. Sudiarta. 2016. Analisis Kandungan Kafein pada Kopi di Desa Sesaot Narmada Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Kimia, 10 (1):110-114

Assauri, sofyan. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Fitriani, K. Angga Kurniawan, & S. Walimah. 2021. Strategi Pemasaran Kedai Kopi "Cofee et Bien" Kota Metro – Lampung. Derivatif : Jurnal Manajemen,Vol. 15 No. 1

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti

Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60

Kotler, P. & Keller, KL (2016). Marketing Management (edisi ke-16th). Pearson Pendidikan Limited

Kotler, hlm. 2000. Manajemen Pemasaran, edisi millenium. Jakarta: Prenahallindo.

Oktaviani, F. & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, 3(1), 1-20.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabet

Sulestiyono, D., Aresteria M., & Lestiani, L.I.B. (2021). Implementasi Peluang dan Tantangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi : Tinjauan Literatur. J. Ekon. Manaj. & Akunt., 2 (2), 19–31. Tersedia: http://jema.unw.ac.id.

Swastha, Basu &; Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset

Tjiptomo, F.2007, Strategi Pemasaran,Yogyakarta

Umbara, DS, & Hikmatyar, M. (2020). Pengembangan Pemasaran Kopi

Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6 (1), 178. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2956

Upadani, I G.A.W & Krisnawan, G.N.A. 2022. Strategi Pemasaran Madu di Sarining Trigona Pertiwi Peternak Lebah Desa Bongkasa Pertiwi. LAUT

(Lingkungan Berkelanjutan, Ilmu Pertanian). Volume 06, Nomor 02, Oktober 2022, Halaman:94~101

Petrus, J. Paul &; Olson, Jerry C., 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/mea.v8i2.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal MeA (Media Agribisnis) Published by Agribusiness Program Study, Faculty of Agriculture, Batanghari University
Adress: Fakultas Pertanian, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: meafpubr@gmail.com, Phone: 0741-60103


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.